1. Keluarga Pak Bayu menjalankan tugas yang menjadi tanggung jawab masing-masing anggota keluarga setiap harinya. Hal tersebut merupakan contoh pengalaman Pancasila di lingkungan...
a. Keluarga
b. Sekolah
c. Masyarakat
d. Negara
2. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
(1) Memberi arah yang mantap menuju tujuan masyarakat.
(2) Membentuk identitas bangsa.
(3) Memperdalam dinding pemisah dari berbagai keanekaragaman kehidupan.
(4) Meningkatkan kesejahteraan individu.
(5) Untuk mengatasi berbagai konflik dan ketegangan sosial.
Pernyataan di atas yang merupakan arti penting ideologi bagi suatu bangsa ditunjukkan oleh nomor ......
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (3), dan (5)
c. (2), (3), dan (4)
d. (3), (4), dan (5)
3. Kaltimtoday.co, Penajam - Pemerintah pusat dan provinsi memberikan dukungan signifikan dalam upaya peningkatan fasilitas pendidikan di Penajam Paser Utara (PPU). Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) PPU, Alimuddin, menjelaskan bahwa saat ini terdapat lima sekolah yang akan dibangun dalam kerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
Cuplikan berita di atas merupakan salah satu upaya yang dilakukan negara Indonesia untuk mewujudkan cita-cita bangsa yaitu .....
a. Memberikan kepastian hukum kepada semua warga negara tanpa pandang bulu
b. Menyediakan fasilitas umum yang memadai
c. memberikan sarana pendidikan yang memadai dan merata
d. Menyediakan biaya pendidikan gratis di semua jenjang pendidikan bagi warga negara
4. Seorang veteran perang merasa bangga dengan negaranya. La cinta dengan tanah airnya. Dan bersyukur bahwa ia telah dilahirkan di negara Indonesia ini. Perasaan yang dirasakan veteran tersebut merupakan pengamalan dari sila ke ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
5. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Tidak mengejek dan mengucilkan teman di sekolah.
(2) Bergotong royong membersihkan kelas.
(3) Menghormati teman yang memiliki pendapat berbeda.
(4) Memperlakukan teman sesuai dengan harkat dan martabat sebagai manusia.
Dari pernyataan tersebut, perilaku yang mencerminkan pengamalan sila kedua Pancasila ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)
6. Tania memiliki sikap baik terhadap orang lain. La tidak semena mena terhadap orang lain, ia selalu berusaha untuk bisa menghargai orang lain serta berlaku adil. Sikap Tania tersebut merupakan pengamalan dari sila ke ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
7. Ketika ada tetangga yang sakit, warga lainnya berkumpul di rumah tetangga tersebut untuk menjenguk dan mem- berikan dukungal kepada tetangga yang sedang sakit tersebut. Pernyataan tersebut merupakan contoh pengamalan Pancasila sebagai .....
a. Kepribadian bangsa
b. Ideologi negara
c. Pandangan hidup bangsa
d. Dasar negara
8. Ketika ada kematian seorang warga, warga lainnya berkumpul di rumah warga yang berduka untuk menyampaikan bela sungkawa dan memberikan dukungan emosional kepada anggota keluarga yang ditinggalkan. Fakta sosial tersebut merupakan contoh pengamalan Pancasila sebagai ....
a. Kepribadian bangsa
b. Ideologi negara
c. Pandangan hidup bangsa
d. Dasar negara
9. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Pancasila merupakan lima nilai filosofis dan mendasar yang digunakan untuk memandang dan memaknai dunia dan kehidupan.
(2) Pancasila menjadi panduan yang menunjukkan arah dan orientasi dalam kehidupan bernegara.
(3) Pancasila menjadi dasar penyelenggaraan bernegara.
(4) Pancasila merupakan nilai-nilai dasar dan luhur bangsa Indonesia yang menjadi acuan dalam kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari.
Dari pernyataan tersebut, yang merupakan penjelasan dari Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa ditunjukkan oleh nomor .....
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 2 dan 4
d. 1 dan 4
10. Perhatikan pernyataan berikut ini !
(1) Menjadikan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai cara pandang untuk memandang dunia
(2) Menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai arah dan orientasi dalam berbangsa dan bernegara
(3) Menyusun perundang-undangan yang mengacu pada nilai-nilai Pancasila
(4) Menjadikan Pancasila sebagai panduan dalam mencapai tujuan Bernegara
Dari pernyataan tersebut, yang mencerminkan Pancasila sebagai ideologi negara ditunjukkan oleh nomor ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
11. Para pendiri negara dengan latar belakang yang berbeda-beda, baik agama, suku bangsa, dan kelompok organisasi, telah memberikan sumbangsih pemikirannya dalam perumusan UUD 1945. Sikap positif yang harus diwujudkan untuk meneladani suasana kebatinan proses perumusan UUD 1945 tersebut yaitu peserta didik harus ....
a. Mempertahankan pendapat sampai diterima orang lain
b. Mengutamakan persatuan dan kesatuan di atas kepentingan pribadi
c. Meyakini perbedaan pendapat merupakan hal yang tidak dibenarkan
d. Harus selalu mengutamakan kepentingan golongan dan kelompok
12. Keteladanan para tokoh perumus dalam merumuskan dan menetapkan UUD NRI Tahun 1945 perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku tersebut juga dapat kalian terapkan di sekolah dengan cara .....
a. Mengerjakan setiap tugas sekolah dengan penuh tanggung jawab
b. Membantu teman sekelas dalam menjawab soal-soal ulangan
c. Membantu guru dan berharap mendapatkan nilai yang baik
d. Memilih kegiatan keluarga dibandingkan tugas kelompok
13. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Membayar pajak tepat waktu
(2) Belajar dengan giat dan rajin
(3) Menggunakan hak pilih pemilu
(4) Menghormati orang lain
Dari pernyataan di atas, perilaku yang mencerminkan pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945 Pasal 27 ditunjukkan oleh nomor .....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
14. Fenomena sekolah dengan tingkat kedisiplinan tinggi terlihat dari cara berpakaian, interaksi antarwarga sekolah, serta tingkat kompetensi yang dicapai oleh semua siswa. Fenomena seperti itu dapat terjadi ketika sekolah menerapkan tata tertib dengan ....
a. Adil
b. Mandiri
c. Pesanan
d. Tekana
15. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
1) Membersihkan tempat tidur
2) Menghormati semua anggota keluarga
3) Menaati rambu-rambu lalu lintas di jalan raya
4) Membantu orang tua membersihkan rumah
Dari beberapa pernyataan di atas, tata tertib yang ada di rumah ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)
16. Berikut ini beberapa alasan warga negara menaati tata tertib atau aturan.
1) Tata tertib mampu memastikan keamanan dan keselamatan setiap warga.
2) Tata tertib dapat membantu mengatur kehidupan dalam bermasyarakat.
3) Tata tertib dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi individu dan semua lapisan masyarakat.
4) Tata tertib dapat memberikan jaminan hanya kepada warga negara Tertentu saja.
Dari pernyataan tersebut, pentingnya warga negara menaati aturan ditunjukkan oleh nomor .....
a. (1), (2), dan (4)
b. (1), (2), dan (3)
c. (1), (2), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)
17. Berikut ini adalah pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) menjadi Undang-Undang.....
1) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
2) Presiden/Pemerintah/Menteri
3) Mahkamah Konstitusi (MK)
4) Mahkamah Agung (MA)
Lembaga yang terlibat dalam proses penyusunan Undang-Undang antara lain ditunjukkan oleh nomor ....
a. (1), dan (2)
b. (1), dan (3)
c. (2), dan (4)
d. (3), dan (4)
18. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
(2) Membentuk 12 Departemen.
(3) Memilih Presiden dan Wakil Presiden.
(4) Membentuk Badan Kemanan Rakyat
(5) Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat.
Hasil sidang Panitia Persiapan Ke- merdekaan Indonesia tanggal 18 Agustus 1945 ditunjukkan pernyataan nomor.....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (3), dan (5)
c. (2), (3), dan (4)
d. (3), (4), dan (5)
19. Perhatikan jenis peraturan perundang- undangan di Indonesia berikut!
(1) UUD 1945
(2) Peraturan Pemerintah
(3) TAP MPR
(4) Peraturan Presidenerhatikan jenis peraturan perundang- undangan di Indonesia berikut!
(5) Undang-Undang/Perppu
(6) Perda Provinsi
(7) Perda Kabupaten / Kota
Hierarkhi atau tata urutan peraturan per- undang-undangan di Indonesia sesuai dengan UU nomor 12 tahun 2011 adalah....
a. (1), (2), (3), (4), (5), (6) dan (7)
b. (1), (3), (2), (4), (5), (6) dan (7)
c. (1), (3), (5), (2), (4), (6) dan (7)
d. (1), (3), (5), (4), (2), (6) dan (7)
20. Siswa yang mampu menjaga ke- seimbangan dalam melaksanakan hak dan kewajiban di sekolah," adalah salah satu contoh sikap di lingkungan sekolah yang mencerminkan pokok pikiran Pembukaan UUD Tahun 1945 tentang .....
a. Ketuhanan
b. Persatuan dan kesatuan
B. Kedaulatan rakyat
c. Keadilan sosial
21. Pemerintah membuat kebijakan pem- bangunan dengan mengorbankan hak- hak rakyat merupakan perilaku yang tidak sesuai dengan sila ... Pancasila.
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
22. Pasal 27 ayat (2) UUD NRI Tahun 1945 berbunyi “tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”. Berdasarkan pasal tersebut, fungsi UUD NRI Tahun 1945 yaitu ....
a. Membatasi kekuasaan negara yang dijalankan oleh lembaga negara agar tidak sewenang-wenang
b. Mengontrol peraturan yang ada di bawahnya agar sesuai dengan norma hukum
c. Menjamin hak dan kewajiban warga negara yang dilaksanakan di Indonesia
d. Memberi legitimasi pada kekuasaan pemerintah
23. Contoh perbuatan warga negara yang tidak patuh terhadap peraturan perundang-undangan nasional dalam kehidupan bermasyarakat adalah.....
a. Membiasakan tertib berlalu lintas
b. Tidak membuat kerusuhan saat berdemonstrasi
c. Membayar pajak bila ditagih petugas saja
d. Menggunakan hak pilih dalam pemilihan umum
24. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Pancasila menjadi panduan yang menunjukkan arah dan orientasi dalam kehidupan bernegara.
(2) Pancasila merupakan lima nilai filosofis dan mendasar yang digunakan untuk memandang dan memaknai dunia dan kehidupan.
(3) Pancasila merupakan nilai-nilai dasar dan luhur bangsa Indonesia yang menjadi acuan dalam kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari.
(4) Pancasila menjadi dasar pe- nyelenggaraan bernegara.
Dari pernyataan tersebut, yang merupakan penjelasan dari Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa ditunjukkan oleh nomor.....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (2) dan (4)
d. (1) dan (4)
25. Seorang siswa di kelas 8, tidak masuk sekolah lebih dari tiga hari. Ketua kelas mengusulkan untuk menjenguk siswa tersebut. Semua siswa kelas 8 setuju. Sepulang sekolah, mereka datang ke rumah siswa yang sakit untuk menjenguk. Mereka membawa buah-buahan sebagai oleh-oleh. Pernyataan tersebut berhubungan dengan Pancasila sila ke-.....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
26. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Membayar pajak tepat waktu.
(2) Belajar dengan giat dan rajin.
(3) Menggunakan hak pilih pemilu.
(4) Menghormati orang lain.
Dari pernyataan di atas, perilaku yang mencerminkan pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945 Pasal 27 ditunjukkan oleh nomor.....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
27. Kedudukan konstitusi atau UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam peraturan perundang-undangan negara Indonesia adalah.....
a. Sebagai landasan idiil bangsa Indonesia
b. Melaksanakan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara murni dan konsekuen itu yang dikehendaki
c. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sumber dari segala sumber hukum
d. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan peraturan perundangan yang tertinggi dalam negara
28. Berikut merupakan asas-asas dalam pembentukan peraturan perundang- undangan, kecuali.....
a. Kejelasan tujuan
b. Dapat dilaksanakan
c. Kejelasan rumusan
d. Tertutup
29. Pembentukan peraturan perundang- undangan harus benar-benar memer- hatikan materi muatan yang tepat sesuai dengan jenis dan hierarki peraturan perundang-undangan Adalah asas.....
a. Kesesuaian jenis, hierarki, dan materi muatan
b. Dapat dilaksanakan
c. Kejelasan tujuan
d. Kedayagunaan dan kehasilgunaan
30. Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 mempunyai kedudukan yang istimewa dibandingkan dengan undang-undang lainnya, kecuali.....
a. UUD dibentuk menurut suatu cara istimewa yang berbeda dengan pembentukan UU biasa
b. UUD dibuat secara istimewa untuk itu dianggap sesuatu yang luhur
c. UUD adalah piagam yang menyatakan cita-cita pendiri bangsa Indonesia
d. UUD adalah piagam yang menyatakan cita-cita bangsa Indonesia dan merupakan dasar organisasi ke- negaraan suatu bangsa
31. Tap MPR dalam tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia berada.....
a. Di atas UUD NRI Tahun 1945
b. Di bawah UUD NRI Tahun 1945
c. Di bawah undang-undang
d. Setara undang-undang
32. Peraturan pemerintah dan keputusan presiden dibuat untuk melaksanakan ....
a. UUD NRI Tahun 1945
b. Perppu
c. UU
d. Perda
33. Berikut yang bukan kriteria untuk dike- luarkannya peraturan pemerintah adalah....
a. PP tidak dapat dibentuk tanpa adanya UU induknya
b. PP tidak dapat mencantumkan sanksi pidana jika UU induknya tidak mencantumkan sanksi pidana
c. PP tidak dapat memperluas atau mengurangi ketentuan UU induknya
d. PP tidak dapat dibentuk meskipun UU yang bersangkutan tidak menyebutkan secara tegas
34. Peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh presiden untuk men- jalankan perintah peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi atau dalam menyelenggarakan kekuasaan pemerin- tahan adalah.....
a. UU
b. Perpres
c. Tap MPR
d. Perda
35. Perda Provinsi dibuat oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dengan persetujuan.....
a. presiden
b. gubernur
c. bupati
d. Walikota
36. Fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan undang-undang ada di.....
a. Presiden dan wakil presiden
b. MK dan MA
c. DPR dan DPD
d. Pemerintah
37. Pengawasan dan penegakan hukum terhadap pelanggar peraturan perundang- undangan harus dilakukan secara tegas, adil, dan tanpa pandang bulu agar....
a. Pemerintah dapat menjalankan pemerintahan dengan baik
b. Setiap orang memiliki kepercayaan terhadap sistem hukum yang ada
c. Setiap orang memiliki kebebasan dalam melanggar hukum
d. Para petinggi negara taat akan hukum
38. Peraturan perundang-undangan yang masih berlaku hanya dapat dihapus, dicabut, atau diubah oleh peraturan perundang-undangan yang ....
a. Lebih rendah
b. Lebih tinggi
c. masih berlaku
d. Tercantum dalam UUD NRI Tahun 1945
39. Peraturan perundang-undangan lama yang telah diganti dengan peraturan perundang-undangan yang baru, maka secara otomatis peraturan perundang- undangan yang lama tidak berlaku lagi. Prinsip ini dalam bahasa hukum dikenal dengan istilah.....
a. Lèx superior derogat legi inferiori
b. Lex specialis derogat legi generali
c. lex posteriori derogat lex priori
d. Lex superior derogat legi generali
40. Berikut beberapa alasan warga negara menaati tata tertib atau aturan.
(1) Peraturan mampu memastikan ke- amanan dan keselamatan setiap warga.
(2) Peraturan dapat memberikan jaminan hanya kepada warga negara tertentu saja.
(3) Peraturan dapat membantu mengatur kehidupan dalam bermasyarakat.
(4) Peraturan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi individu dan semua lapisan masyarakat.
Dari pernyataan tersebut, pentingnya warga negara menaati peraturan ditunjukkan oleh nomor.....
a. (1), (2), dan (4)
b. (1), (2), dan (3)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)
41. UUD NRI Tahun 1945 Memuat aturan- aturan pokok yang setiap kali harus dikembangkan sesuai dengan perkem- bangan zaman, serta memuat hak-hak asasi manusia, Hal ini artinya UUD NRI Tahun 1945 bersifat.....
a. Singkat dan supel
b. Tertulis
c. Rigid
d. Berderajat tinggi
42. UUD NRI Tahun 1945 rumusannya jelas, merupakan suatu hukum yang mengikat pemerintah sebagai penyelenggara negara, maupun mengikat bagi setiap warga negara, merupakan sifat UUD NRI Tahun 1945 yaitu.....
a. Singkat dan supel
b. Tertulis
c. rigid
d. Berderajat tinggi
43. UU adalah peraturan yang dibuat oleh.....
a. MPR dan presiden
b. DPR dan presiden
c. presiden dan menteri
d. Polisi, hakim, dan jaksa
44. Peraturan pemerintah ditetapkan oleh presiden dengan tujuan menjalankan.....
a. Undang-undang
b. Peraturan presiden
c. peraturan pemerintah
d. Peraturan daerah
45. Contoh penerapan nilai Pancasila “Ketuhanan Yang Maha Esa” adalah....
a. Membina kerukunan antarsesama umat beragama
b. Menjunjung tinggi nilai-nilai ke- manusiaan
c. rela berkorban untuk bangsa
d. Saling tolong menolong
46. Saling membantu sesama warga dalam menghadapi pandemi corona merupakan salah satu perwujudan pokok pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, yaitu pokok pikiran.....
a. persatuan
b. kedaulatan rakyat
c. keadilan sosial
d. ketuhanan Yang Maha Esa
47. Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”. Kalimat di atas terdapat dalam salah satu alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang mengandung makna bahwa.....
a. kemerdekaan harus diperjuangkan semua bangsa agar menjadi negara terhormat
b. kemerdekaan sebagai hak bagi semua bangsa di dunia dan pen- jajahan bertentangan dengan perikemanusiaan
c. kemerdekaan adalah hak universal yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia sejak lama
d. bangsa Indonesia sangat mem- benci penjajahan karena telah menyengsarakan rakyat
48. Pertimbangan atau alasan yang menggambarkan bahwa undang- undang yang dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbagai aspek merupakan landasan.....
a. landasan filosofis
b. landasan sosiologis
c. landasan yuridis
d. landasan teoritis
49. Perhatikan pernyataan di bawah!
(1) Didasarkan pada hukum tertinggi.
(2) Peraturan perundang-undangan berupa keputusan tertulis.
(3) Dikeluarkan dan ditetapkan oleh pejabat yang berwenang.
(4) Dicabut dan dapat digantikan oleh peraturan lain.
(5) Berisi aturan pola dan tingkah laku.
Ciri dan sifat peraturan perundang-undangan ditunjukan oleh nomor.....
a. (1), (2), dan (3)
b. (2), (3), dan (4)
c. (1), (2), dan (4)
d. (2), (3), dan (5)
50. Menjadi rakyat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur merupakan ... bangsa Indonesia.
a. ideologi
b. cita-cita
c. falsafah
d. tujuan
EmoticonEmoticon